Tri Rna artinya: tiga hutang. Menurut ajaran agama Hindu setiap manusia lahir terikat oleh adanya hutang-hutang yang harus dilunasi semasa hidupnya. Hutang menyebabkan orang terikat untuk melunasinya. Adapun hutang itu adalah :
1.      ­Dewa Rna yaitu hutang yang harus dibayar kepada Tuhan dan kepada para Dewa. Karena Tuhan Yang Maha Esa memberi kita jiwa atau atma sehingga kita menjadi manusia yang berjiwa, manusia yang hidup.
      
2.      Rsi Rna yaitu hutang yang harus di bayar kepada para Rsi, para pendeta dan para guru yang merupakan sumber dan memberikan pengetahuan, sehingga kita menjadi orang yang berilmu, berbudhi pekerti, beriman dan hidup bahagia.


 
3.      Pitra Rna yaitu Hutang kepada orang tua atau leluhur. Karena jasa-jasa beliau kita dipelihara, dididik, dibesarkan dan disantuni. Tidak ada bahasa yang lebih baik untuk diucapkan dan tidak ada perilaku yang lebih mulia untuk dikerjakan kecuali harus menghormati dan membalas jasanya dengan cara-cara yang sesuai dengan ajaran dharma.


Menyadari akan adanya hutang karena itulah maka yajna itu merupakan hal yang wajib untuk dilaksanakan sebagai cara pembayaran terhadap ketiga jenis hutang tersebut.
https://docs.google.com/file/d/0B5R3n6aDjK8_SXhibDV0VXBJTTQ/edit 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 WAHANA_DHARMA / Template by : Urang-kurai