Avatara, dari arti katanya, adalah Dia yang turun dari Angkasa Spiritual untuk melaksanakan fungsi khusus yang tidak bisa dilaksanakan oleh mahluk hidup biasa. Kapan pun Tuhan turun ke bumi, tujuannya adalah menyelamatkan para penyembah-Nya dan membinasakan orang-orang jahat.
Di dalam kitab-kitab Veda disebutkan berbagai jenis avatara, yakni:
1.       Purusa - avatar
Purusa – avatar adalah tiga pengendali tertinggi manifestasi material:
Karanodakasayi Visnu, Garbhodakasayi Visnu, dan Ksirodakasayi Visnu.
Karanodakasayi Visnu menciptakan alam-alam semesta yang tak terhingga banyaknya. dari Karanodakasayi Visnu muncul Garbhodakasayi Visnu untuk tiap-tiap alam semesta. dari  Garbhodakasayi Visnu muncul Brahma, pencipta kedua dunia material ini, demikian pula Ksirodakasayi Visnu, yang masuk ke setiap atom di tiap-tiap alam semesta.
2.       Lila-avatar
Lila-avatra juga dikenal sebagai kalpa-avatara. Lila berarti “kegiatan permainan”, dan satu kalpa adalah satu hari bagi Dewa Brahma. Avatara-avatara ini muncul pada masing-masing hari Brahma (Setiap 4,32 miliar tahun). Kemunculan  Lila-avatar ini berkaitan dengan keinginan para penyembah Tuhan dan untuk melindungi alam semesta. Lila-avatar ini mencakup Dasa-avatar, atau sepuluh avatar tuhan yang terkenal, yang paling sering diuraikan dalam kitab-kitab suci.
3.       Guna-avatar
Guna berarti “sifat-sifat material,” yang terdiri atas tiga kelompok; nafsu, yang menyebabkan penciptaan manifestasi material; kebaikan, yang memelihara manifestasi material; dan kebodohan, yang menghancurkan ciptaan. Brahma menangani penciptaan, Visnu pemeliharaan, dan Siva peleburan.
4.       Manvatara-avatar
Manvatara berarti “rentang waktu kehidupan Manu”.   Manu adalah penguasa –penguasa di susunan planet-planet yang lebih tinggi, dan mereka memberikan arahan kepada masyarakat manusia melalui kitab-kitab suci. Usia mereka sepanjang tujuh puluh satu divya-yuga. Satu divya-yuga  adalah gabungan empat yuga. Inkarnasi-inkarnasi manvatara ini muncul bersamaan dengan para Manu dan berganti seiring dengan bergantinya Manu. Manvatara-avatara untuk yuga saat ini adalah Sri Vamana, yang juga termasuk dalam Dasa-avatar.
5.       Yuga-avatar
Yuga berarti “zaman”. Istilah ini digunakan mengacu pada perhitungan siklus waktu ciptaan material. Satya-yuga sepanjang 1.728.000 tahun, bercirikan kebaikan dan  dharma. Treta-yuga sepanjang 1.296.000 tahun, dan sifat-sifat buruk mulai muncul. Dvapara-yuga  sepanjang 864.000 tahun, dan kebaikan serta Dharma semakin merosot. Kali-yuga (Zaman saat ini) sepanjang 432.000 tahun dan penuh dengan sifat jahat dan Adharma. Yuga-avatar memberikan yuga-dharma, atau dharma (agama) untuk zaman tertentu.
https://docs.google.com/file/d/0B5R3n6aDjK8_SGktLURyaXNvcXM/edit 

1 komentar:

jabarrigaccione mengatakan...

Iron & Iron glasses frames - Titanium Arts
Iron & Iron glasses frames - titanium exhaust tubing Iron titanium dioxide & Iron glasses frames - Steel frames - Copper frames - Iron head titanium ti s6 & Iron glasses - Steel frames does titanium have nickel in it - Iron & Iron glasses - Iron & used ford escape titanium Iron

Posting Komentar

Copyright © 2012 WAHANA_DHARMA / Template by : Urang-kurai